Home » » Tips Merawat Baterai Laptop

Tips Merawat Baterai Laptop

Posted by CB Blogger



Kita semua tahu bahwa baterai adalah salah satu komponen notebook yang sangat mahal. Untuk itu di dalam menggunakan notebook, sedapat mungkin kita menjaga komponen-komponen tersebut supaya tetap awet :). Disini Zona Dunia akan memberikan tips cara merawat baterai laptop agar tidak rusak dan bocor.
Nah, jika pada saat mengisi daya baterai, indikator menunjukkan baterai sudah penuh, maka kami sarankan untuk melepas adaptor (dari colokan listrik PLN) dan menggunakannya dengan baterai saja (tanpa dicolokkan). Begitu pula sebaliknya, jika ingin menggunakan langsung dengan colokan, kami sarankan untuk melepas baterai.

tips merawat baterai notebook sebenarnya hampir mirip bagaimana kita menjaga baterai handphone kita. Prinsipnya baterai harus kita jaga agar tidak sering "lelah" karena sering terforsir. Kalau baterai digunakan sambil dicharge artinya dia bekerja dua kali dalam satu masa dan bermain games termasuk pekerjaan yang membutuhkan daya lebih. Boleh saja tapi tidak sering ya:) Beberapa orang sering mencolokkan ke listrik sambil melepas baterai. Itu langkah baik asal dibantu stabilisator karena tegangan listrik kita yang sering tidak stabil. :)

Berikut ini tips-tips untuk menjaga baterai notebook kita tetap awet :)

• Pastikan bahwa baterai hanya bekerja sesuai kebutuhan anda saja dan rawatlah notebook dengan memakainya secara wajar.
• Coba anda lakukan pengubahan setting-an power di notebook anda dari menu Power Options di Control Panel. Dari Power Option tersebut anda bisa melakukan pengubahan ke opsi: Power Saver. Ini akan sangat membantu lama waktu nyala baterai notebook anda. Berikut link untuk merubah settingan power. Control Panel\All Control Panel Items\Power Options
• Kurangi tingkat kecerahan (brightness)nya sampai ketingkat dimana anda masih bisa melihat atau anda masih merasa nyaman. Mengurangi kecerahan pada layar bisa mengurangi konsumi power notebook anda. Anda bisa menggunakan link ini untuk melakukannya. Control Panel\All Control Panel Items\Display
• Lepas semua peralatan yang tersambung pada notebook jika sudah tidak digunakan lagi, seperti: Hardisk External, CD-ROMs, Zip drives, PC cards dan peralatan lain. Peralatan-peralatan tersebut menggunakan power dari baterai notebook anda.
• Matikan tombol wireless jika anda sudah tidak memerlukan untuk tersambung dengan internet.
Cara merawat baterai
• Sel baterai mengalami penurunan kinerja seiring dengan waktu. Penurunan kinerja bateraipun juga tidak mungkin bisa dihindarkan jika notebook sering terpapar pada suhu ruang yang tinggi dan tegangan listrik PLN yang naik-turun. Berikut ada beberapa saran untuk meminimalisasi penurunan kapasitas/umur nyala dan kinerja baterai notebook anda.
• Pastikan baterai Li-Ion pada notebook anda di charge pada suhu anda selalu berada pada suhu ruang antara 20°C and 25°C (68°F and 77°F)
• Jangan meletakkan notebook anda di ruangan dengan suhu yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Jaga selalu notebook anda tetap pada temperatur yang normal. Seringnya notebook diletakkan pada tempat dengan suhu tinggi (misal, dalam mobil yang kepanasan karena diparkir di luar)akan mempercepat kerusakan sel Li-Ion baterai pada notebook anda.
• Lepaskan batarai jika anda ingin menyimpannya lama (lebih dari 2 minggu), maka matikan dari tombol shut-down lalu lepaskan kabelnya dari colokan listrik.
• Lepaskan baterai dari notebook jika anda menggunakan notebook yang terpasang pada colokan listrik di rumah/PLN untuk penggunaan yang lama dan terus menerus.
• Ketika anda mencharge baterai, biasakan untuk selalu mencharge-nya sampai penuh baru kabel boleh dilepas dari colokan listrik PLN.
• Jangan pernah lupa untuk mengkalibrasi baterai notebook anda supaya anda parameter pengukuran pengisian baterai bekerja dengan tepat dan akurat. Lakukan kalibrasi baterai setiap 3 bulan sekali


1 komentar: