Home » » Apa Benar ada Jembatan di Planet Mars ?

Apa Benar ada Jembatan di Planet Mars ?

Posted by CB Blogger

Benarkah ada kehidupan di Mars?
Mars Reconnaissance Orbiter’s High Resolution Imaging Science Experiment Camera, atau HiRISE baru-baru ini tengah menemukan penemuan baru tentang keberadaan jembatan di planet Mars. Jembatan itu terjadi secara alami di atas kanal kecil di planet Mars. Kanal tersebut membentang di wilayah knobby yang disebut Tartarus Colles. Gambar itu terambil oleh HiRISE berulang kali dan tentang proses pembentukan kanal tersebut hingga kini masih menjadi teka-teki. Salah satu dari Tim HiRISE, Kelly Korb mengatakan kemungkinan besar kanal tersebut terbentuk akibat adanya aliran sungai atau air yang sangat kecil. Sebab, di wilayah itu tak pernah ada sumber air.

“Kanal itu kemungkinan terbentuk akibat terjadinya reruntuhan,” ucap Kolb. Adapun jembatan itu, kata Kolb, “kemungkinan merupakan permukaan asli dari dataran itu sebelum runtuh”. Dia mencatat adanya bagian yang lebih rendah dan memanjang di sisi utara kanal namun tak sedalam seperti bagian lain. Kolb memperkirakan hal itu terjadi saat proses keruntuhan yang mengakibatkan terbentuk jurang yang cukup lebar.
Ketika untuk pertama kalinya gambar tersebut teridentifikasi, Planetary Society’s Emily Lakdawalla berspekulasi bahwa kanal tersebut merupakan jalur lahar yang terbentuk di bagian bawah permukaan Mars namun hampir seluruh permukaannya runtuh.
Bekas reruntuhan itu yang kemudian meninggalkan sebuah bentuk menyerupai jembatan. Sedangkan sebagian besar permukaan yang runtuh masuk ke dalam kanal itu. Di bumi, hal itu kerap terjadi yang kemudian membentuk jembatan secara alami. Akan tetapi, kita belum bisa menduga fakta yang sebenarnya. Para Ilmuwan dunia sedang mencari misteri akan Planet Mars tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar